Wednesday, May 23, 2012

Insomnia Menurut Saya...

Menurut kamus Bahasa Inggris Bahasa Indonesia digital yang ada di komputerku, insomnia artinya susah untuk tidur. Aku masih bingung insomnia statusnya seperti apa, dia penyakit, kebiasaan, atau cuma sesuatu hal yang tidak penting.
Menurutku, semua orang di dalam hidupnya pasti pernah merasakan keadaan tersebut. Tak terkecuali saya. Kadang berguna kadang juga menyebalkan.
 Beberapa alasan yang menyebabkan aku jadi insomnia antara lain :

1. Banyak tugas yang harus dikerjakan
(faktor ini bukan faktor alami sih, cuma faktor paksaan)... tapi kalau sudah gak kuat akhirnya tidur juga

2. Tidur siang terlalu lama
Semua orang sudah ditetapkan diberi waktu sehari yang sama yaitu 24 jam. Dari waktu tersebut sudah ada porsi masing-masing untuk tidur, salah tapi untuk berkarya (itu yang terpenting), untuk ibadah, dan untuk istirahat. Nah yang untuk istirahat itu sudah dialokasikan 8 jam setiap hari (normal) yang artinya kalau kita 8 jam sehari sudah istirahat berarti istirahat kita dalam sehari itu sudah cukup (relatif). Waktu tidur siang biasanya kita cuma 2-3 jam atau bahkan 4 jam tiap hari yang hasilnya mempengaruhi tidur malam kita. Kalau tidur malam kita masih gampang berarti emang kita butuh extratime buat istirahat. Tetapi berdasarkan pengalaman kalau siang udah tidur lama, malamnya bakal susah tidur. Nah bagi yang ingin tidur malam mudah, nyaman, cepat terlelap .. ganti tidur siang dengan tidak tidur saja tetapi dengan aktivitas (: (kalau tidak ada kerjaan mending tidur siang aja apalagi kalau hujan, wahh enak kalau malamnya gak bisa tidur kan ada Bioskop trans TV buat hiburan hehehehehe)

3. Kebiasaan

Ini saya lihat dari beberapa teman saya yang pada awal semester kuliah sudah disibukkan dengan tugas entah kuliah atau praktikum. Karena sering tidur malam, sepertinya tubuh sudah terlatih untuk mengkondisikan dan beradaptasi dengan si yang punya badan untuk gak tidur di malam hari. Faktor ini menyebabkan seseorang tersebut mengganti sistem hidupnya dari yang semula aktif di siang hari menjadi aktif di malam hari (kalau di dunia hewan namanya Nokturnal) sedangkan dulunya malam untuk tidur menjadi siang untuk tidur. Sehingga banyak yang Kuliah gak masuk, Kuliah belum Mandi, Kuliah gak konsen, dan sebagainya dan sebagainya. Bagi yang sudah kena efek ini sebaiknya mengganti gaya hidup deh soalnya rugi banget kalo siang cuma untuk tidur kecuali orang yang kerjaannya cuma di malam hari dan itu sangat penting sehingga malam harus terjaga.

4. Kebisingan
 Ini faktor pengganggu yang membuat sseseorang gak bisa tidur. kebisingan sama halnya dengan kesehatan. kesehatan juga bersifat mengganggu bagi seseorang untuk tidur. Wah dulu pas aku lagi sakit gigi, jangankan tidur makan aja gak mau soalnya sekali makanan masuk dan kena gigi yang sakit rasanya kepala mau pecah (gak separah itu) yang akhirnya membuat perut jadi lapar trus tidur gak nyenyak. SUsah kan tidurnya..

5. 6. 7. dan seterusnya masih ada tergantung seseorang yang kena insomnia.

Dari insomnia tersebut ada satu hal yang bisa disimpulkan dari eksperimen yang sudah saya lakukan ... hehehehehe.
Berdasarkan statistik jam tidur saya, menyatakan bahwa semakin malam seseorang tidur semakin siang dia bangun. Bila seseorang menginginkan bangun pukul berapa misal kita sebut saja JB (Jam Bangun), maka rumusnya

                    JB = JT + WIC

(Jam Bangun) = (Jam Tidur) + Waktu Istirahat Cukup

dengan WIC adalah konstanta yang dimiliki seseorang seberapa banyak waktu yang dibutuhkan seseorang agar istirahatnya cukup. konstanta ini juga dipengaruhi oleh gen seseorang. Besar kecilnya nilai ini hanya dia yang tahu. (rata-rata 7-8 jam). cukup realistis bukan?

Jika ada faktor pengganggu seperti Tugas (T), Kebisingan (Bs), Tidur siang (TS) atau faktor lain (x), maka rumus perlu diturunkan ke bentuk persamaan lain yang sesuai. Pastinya butuh eksperimen lagi..

Semoga bermanfaat. :D

No comments:

Post a Comment