Wednesday, October 30, 2013

Toko Online Sebagai Bisnis Sampingan Yang Sangat Menjanjikan


Sebagai seorang karyawan apalagi yang jabatannya masih di level bawah, tentu secara ekonomi kita sering kali merasa kekurangan. Baru beberapa hari gajian namun dompet sudah kering tak ada isinya. Mungkin memang ada yang salah dengan pengaturan keuangan kita. Namun jika memang sudah lebih besar pasak daripada tiang, lalu kita harus bagaimana? Tentunya kita harus lebih berhemat lagi dan mencoba mencari penghasilan tambahan untuk menutupi kekurangan tersebut.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi seorang karyawan adalah dengan membuka toko online sebagai bisnis sampingan yang sangat menjanjikan. Toko online tidak membutuhkan modal besar sehingga anda dapat memulainya segera tanpa harus mencari investor yang dapat memberikan modal besar. Yang perlu dilakukan ketika akan memulai usaha toko online hanyalah mencoba riset pasar kira-kira produk apa yang paling banyak dicari, mencari produsen atau supliyernya, kemudian kita membuat website untuk memajang foto serta deskripsi produk yang kita jual, dan kita sudah bisa untuk jualan.

Ketika menekuni usaha sampingan toko online, pada dasarnya inti dari toko online adalah pada penampilan atau penyajian produk serta konten yang ada di website kita. Dalam hal ini kita dapat melihat-lihat toko online yang besar sebagai referensi dalam membangun toko online yang akan kita buat. Apabila kita bukan ahli desain web atau yang pintar membuat web maka kita bisa meminta jasa pembuat web yang sekarang mulai banyak menawarkan jasanya. Untuk urusan konten lebih baik kita sendiri yang menangani. Kita mencoba menulis artikel atau deskripsi produk setelah pulang kerja atau pada hari libur. Ini untuk memastikan bahwa isi dari toko online kita benar-benar original sehingga memiliki nilai lebih dibanding toko online yang lain.

Untuk pengoperasionalannya membuka bisnis sampingan toko online juga sangat sederhana, kita tidak perlu membutuhkan banyak karyawan sehingga dapat meminimalisir biaya operasional sehingga margin keuntunganpun bisa semakin tinggi. Dan karena kita sehari-hari bekerja sebagai karyawan di perusahaan orang, maka kegiatan operasional selama kita bekerja sebaiknya dikelola oleh orang lain yang punya waktu lebih. Jika kita seorang suami alangkah baiknya jika operasional sehari-hari toko online kita dikelola oleh istri dan sedikit karyawan. Karena selain mengurangi biaya gaji, pengelolaan oleh istri juga bisa lebih dipercaya.Meskipun jalannya operasional toko online dikelola oleh istri dan karyawan, kita juga tidak boleh lepas tangan dan tidak ikut mengurusi. Kita harus tetap mengurusi setelah pulang kerja atau hari libur. Ini karena untuk tetap memastikan toko online kita masih berjalan sesuai rencana kita atau tidak. Kita juga masih harus turun tangan langsung menangani masalah pemasaran, karena pemasaran akan semakin maksimal jika kita pemilik usaha yang menawarkan. Selain itu feedback dari pelanggan maupun hubungan dengan produsen atau distributor juga harus kita ketahui sebagai bekal perbaikan dan pengembangan toko online kita.

Apabila kita dapat menjaga manajemen yang benar, peluang untuk menjadi sebuah toko online yang besar di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Karena Indonesia merupakan pengguna internet terbesar di dunia, dan ke depannya tren belanja juga akan bergeser dari yang belanja langsung di pasar menjadi belanja online di internet. Oleh karena itu segeralah bangun brand toko online kita dan janganlah tunggu semakin banyaknya pesaing untuk memulai sebuah bisnis



No comments:

Post a Comment